Tuesday, August 20, 2013

Tips dan Trick Berbelanja Online!

Halo semua~ kali ini aku mau membuat post yang lain dari biasanya. Seperti yang kalian ketahui, nama blogku adalah "Miss Belanja Online" yang mana berarti aku suka sekali berbelanja via online shop. Banyak orang yang sering bertanya padaku mengenai online shop karena mereka melihat nama blogku. Tidak jarang juga banyak yang menyangka kalau aku online seller karena melihat nama blogku ini hehehe. Sedikit info, aku sudah mulai melakukan kegiatan jual-beli online sejak tahun 2007. Pertama kali aku memulai sebagai penjual dengan berjualan produk-produk handmade, lalu karena penasaran aku ikut-ikutan belanja online juga dan akhirnya keterusan sampai sekarang.

Hmm... banyak orang yang masih ragu dan men-judge kalau belanja online itu berbahaya dan rawan penipuan. Jujur selama aku bertahun-tahun belanja online tidak semuanya berjalan lancar, ada juga yang kurang memuaskan. Tetapi puji Tuhan, sampai sekarang aku tidak pernah tertipu uang sampai ratusan atau jutaan rupiah (amit-amit jangan sampai deh.. :p). Nah, kali ini aku mau berbagi beberapa tips untuk teman-teman yang mungkin masih awam mengenai belanja online.

Here we gooo~~ Tips dan Trick Untuk Berbelanja Online
  • Buy from Trusted Seller!

Ini merupakan peraturan nomer 1 di dunia perdagangan online versi Shasha hehehe. Selalu pastikan kalian membeli dari seller yang bisa dipercaya. Bagaimana cara mengetahui kalau itu trusted seller atau tidak? Sekarang ini banyak komunitas yang digunakan sebagai wadah dari online shop-online shop. Biasanya online shop yang sudah tergabung dalam komunitas tersebut sudah terpercaya dan terbukti bukan penipu. Salah satu komunitas yang aku tahu adalah Direktori Belanja. Selain itu kalian juga bisa melakukan searching (misalkan apa ada orang lain yang pernah membeli di OS tersebut dan apakah benar barangnya dikirim atau tidak, etc) via google. Atau~ bisa juga lihat dari postingan-postingan para beauty blogger ^^ Testimonials dari buyer-buyer lain juga bisa membantu untuk menentukan toko tersebut terpercaya atau tidak.

  •  Bandingkan Harga Sebelum Membeli


Salah satu keunggulan belanja online adalah harga produk yang relatif murah jika dibandingkan dengan berbelanja secara langsung di counter (terutama untuk kosmetik Korea). Akan tetapi, sebagai buyer tentu kita ingin mendapat harga yang paling murah bukan? Saranku adalah bandingkan harga di beberapa online shop sebelum memutuskan membeli. Untuk barang-barang Pre-Order, biasanya seller akan menyediakan price list. Nah, kalian harus rajin request PL ke beberapa toko sekaligus lalu kalian bisa bandingkan mana yang paling murah atau kalian anggap termurah. Jangan lupa bandingkan juga mengenai Ongkos Kirim yang akan timbul karena yang kita lakukan adalah belanja online dimana harus ada pengiriman barang.

Sebagai contoh: Saya ingin membeli Produk Clio Eyeliner (Lokasi saya Surabaya)
Toko A lokasi Jakarta: Harga Rp 100.000 (Ongkos Kirim 12.000)
Toko B lokasi Surabaya: Harga Rp 105.000 (Ongkos Kirim 3.000)

Berdasarkan contoh tersebut, maka saya akan membeli dari Toko B walaupun harga yang ditawarkan lebih mahal daripada Toko A, tapi secara total dengan ongkos kirim, harganya lebih murah dari Toko A.

  •  Buatlah Batas Limit Uang yang Kalian Belanjakan untuk OS baru


Jika kalian melakukan pembelanjaan di OS yang sudah kalian kenal dan terpercaya, batasan seperti ini tidak perlu dilakukan. Tetapi, jika kalian melakukan transaksi di OS yang baru dan belum kalian kenal, aku sarankan kalian membuat batas limit. Batas limit di sini digunakan untuk meminimalkan kerugian yang mungkin kalian derita jika OS tersebut melakukan penipuan. Sebagai contoh: Batas limitku untuk OS baru adalah Rp 100.000 jadi aku tidak akan berbelanja diatas harga tersebut di OS yang masih baru. Dan sekalipun ada penipuan, kerugian yang aku derita hanya sebesar Rp 100.000 tersebut (yang mana masih aku toleransi dan aku relakan kalau misal sellernya nakal hehehe).

  • Ikut Pre-Order Untuk Kalian yang Memiliki Dana Terbatas

Pre-order merupakan salah satu cara belanja favoritku. Karena, jika kalian mengikuti pre-order kalian bisa membayar dengan sistem cicilan (2x pembayaran) tetapi dengan konsekuensi mau menunggu sebelum barang ready. Jadi sebagai ilustrasi ya~ aku ingin membeli serum the skin food, harganya adalah Rp 140.000 dan aku ikut Pre-Order, jadi untuk pembayaran pertama aku membayar Rp 70.000 dan sisanya dibayar saat barang ready Rp 70.000 lagi.

Sedikit trick~ biasanya aku ikut PO yang tengah bulan / akhir bulan sehingga untuk pembayaran pertama aku membayar pada bulan ini dan pembayaran selanjutnya di bulan depan. Jadi sudah ada pemasukan (gajian biasanya akhir/awal bulan) dulu sebelum melunasi pembayaran yang kedua hehehehe.

  •  Always looking for Discount! 


Okay poin ini hanya untuk kalian yang udah addict belanja wkwkwk. Kalau kalian hanya belanja barang yang kalian butuhkan tidak perlu melirik poin ini. Tapi buat yang suka belanja bisa dilirik~ hehehehe. Join newsletter atau ikut komunitas yang aktif mengenai harga-harga promo yang sedang berlangsung. Sebagai contoh Brand Illamasqua biasanya memberitahukan customernya via email jika ada promo di website mereka.

Another trick~ penuhi contact BB/Line/sosial media kamu dengan teman-teman yang update tentang sale wkwkwkwk.. racun ada dimana-mana~

  •  Pastikan kalian bisa membayar sebelum kalian confirm order

Bisa membayar di sini maksudnya mengenai waktu transfer. Jika kalian ingin memesan sesuatu hari ini, pastikan kalian bisa mampir ke ATM untuk membayar pesanan tersebut hari ini juga atau paling lambat besoknya. Kalau kalian memang tidak bisa, kalian bisa nego dengan sellernya mengenai waktu pembayaran. Kalau aku pribadi biasanya transfer 1-2 hari setelah aku confirm order (untuk barang ready stock / pelunasan). Pelunasan yang cepat dan tepat akan membuat seller senang dan mungkin memberi kalian bonus di pembelian berikutnya. Selain itu, sekarang banyak OS yang agak ketat yang langsung mem-blacklist customer yang telat membayar, oleh karena itu untuk menghindari hal semacam itu sebaiknya kita sebagai buyer juga harus bisa tepat waktu. Jika kalian baru bisa membayar pada hari Sabtu, maka jangan memesan barang tersebut dari hari Senin (kecuali kalian sudah kenal dengan sellernya dan sellernya ga keberatan menunggu yaa). Akan lebih baik jika kalian memesan di hari Kamis atau Jumat.

  •  Give feedback to Seller~


Kalau kalian sudah transfer,sudah terima barang atau bahkan barang belum sampai untuk waktu yang lama, maka kalian bisa kasih informasi ke sellernya. But, please always do with manner. Tidak perlu menulis di wall FB/websitenya, "Sis kok ga nyampe baranganya? sis nipu ya? Balikin aja duitku..etc". This is a big NO! kalau kalian ada masalah yang perlu ditanyakan, bisa melalui message yang lebih pribadi. Tidak perlu di wall yang dibaca semua orang. Kecuali kalau memang sudah ada bukti bahwa sellernya penipu, etc boleh deh kalian marah di wallnya. Tetapi kalau masih belum jelas alangkah baiknya semua dibicarakan secara pribadi.


Kenapa ga boleh marah-marah di wall? Pertama, itu akan merusak citra seller di mata pelanggan lainnya (padahal belum tentu juga sellernya penipu). Kedua, itu juga akan merusak citra kita sebagai buyer di mata seller lain. Contoh: Seller B bisa membaca postingan kita di wall seller A, dan bisa saja seller B menolak untuk bertransaksi dengan kita di kemudian hari (karena takut dijelek-jelekin).

Fiuhh... cukup panjang post kali ini. Sebenarnya masih banyak yang mau aku bagikan cuma mendadak blank dan bingung harus nulis apa lagi hehehe. Untuk kali ini segini dulu aja~ kalau ada yang mau nanya atau menambahkan bisa komen nanti akan aku buat post lanjutannya kalau memungkinkan~

Akhir kata~ Jangan membeli sesuatu yang tidak mampu kamu beli apalagi sampai memaksa ikut-ikutan beli barang mahal karena teman juga pakai. Its a big NO NO! Belilah sesuatu yang memang kamu sukai atau yang membuat kamu tertarik dan pastikan harganya masih bisa kamu jangkau.

PS: Always google some reviews before you purchase something~

PPS: Online shopping is addictive! bewareee~ hihihihi

All images credit to Google

12 comments:

  1. Thankyouu tips nyaaa ce Shasha.. :'')

    ReplyDelete
  2. It is addictive! Aq stuju bgt sm poin yg ngasi limit belanja di os baru, jaman dulu bgt aq pernah ketipu 350.000, henoh bgt tuh dl ada kena smp berjuta2 soalnya! Bikin trauma aja...

    Trus blkg an sdh males blnj ol sm yg baru2 stick sm yg langganan aja krn byk os baru gak prof n kasar, terutama yg di twitter, amit2 dah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kebanyakan sekarang kalau seller2 baru agak kurang menyenangkan sih hahaha tapi ada juga yang tetap profesional kayak sudah jualan lama. Kadang malah yg udah jualan lama dan banyak banget pelanggannya malah sering late response juga.. mungkin karena terlalu ramai ya hehehe..

      Delete
    2. Iya.. ntar yg merk2 korea aq psn sm km ajalah sha :D

      Delete
  3. Aku tahun depannn shaaa mau nerusin OL shop lagi.... tahun ini super duper capekkk ama 2 anak hik hik.
    Nice post sha

    ReplyDelete
  4. setujuuu banget Sha, aku jg suka cari2 yg bisa PO wkwkwk gpp deh klu lama nunggu tp kn uang yg lain bisa buat beli keperluan yg lain jg kn hihi
    tp nyeseknya pas ada diskon trs kita ga pnya money..hiksssss wkwk

    btw, lovee your new layout! :* <3

    ReplyDelete
  5. Nice post Sha. Emang OS yang udah rame kadang suka late response saking ramenya mungkin. Tapi kadang bete juga didiemin lama2. T_T

    ReplyDelete
  6. Nice post, Sha..
    Tapi aku sekarang ngurangin belanja online hehe.. Soalnya ya gitu, kalo uda urusan compare2 harga pasti lamaaa banget, malah makin buka web sana sini, makin banyak yg diliat makin banyak yg diborong. Jadilah di rem.
    Sekarang lebih banyak nunggu diskonan aja/promo hehehe..
    Dulu banget sempat mau ketipu Sha, ga banyak sih tapi gelagat penjualnya uda mencurigakan, apalagi customer yg lain bnyk yg kecewa - jadilah aku kejar2 profilnya sampe nemu tempat tinggalnya, baru barangku dikirim (setelah 5 bln!)

    Oya, tambahan, kudu ati2 juga kalo barang yg terlalu murah.. Bisa jadi tiruan lho/expired.

    ReplyDelete
  7. Artikel sepeti ini ni yang akan sangat membantu bagi para pengguna internet untuk tidak ragu lagi belanja seara Online.

    Bantu like Tips Belanja Online nya Gan di Facebook, agar masyarakat indonesia tidak merasa ragu lagi dalam Belanja Online dan menjadi suatu kebiasaan sehari-hari.

    Jika ada masukan silahkan Koment / Kirim pesan untuk di buat artikel bisa di lihat di sini Saran dan Share juga jika bermanfaat

    Trimakasih

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...