Thursday, April 23, 2015

Review: Erha Cream for Acne Treatment

Hello again~ 2 minggu yang lalu aku berkesempatan untuk mencoba perawatan di Erha Clinic Surabaya. Nah, pada saat setelah perawatan, aku juga diberi beberapa obat yang harus aku gunakan untuk perawatan sehari-hari. Kali ini aku mau membahas mengenai krim-krim yang aku gunakan selama 2 minggu terakhir ini.





Sekilas tentang packaging dari krim-krimnya erha, semuanya dikemas dalam bentuk jar plastik kecil. Kecuali yang sabun cuci wajah dalam kemasan botol plastik. Untuk jar, ada separator pemisah jadi produknya tidak menempel di tutup. Di bagian atas tutup jar, ada emboss tulisan Apotek Erha 21.



Morning Routine:
- Acne Cleansing Scrub with Benzoil Peroxide (BP): Teksturnya krim dengan kandungan scrub, berwarna hijau muda dan memiliki bau seperti bau obat (tidak wangi). Pertama kali mencoba sabun ini, aku agak khawatir karena ada kandungan scrubnya. Biasanya aku paling tidak tahan menggunakan scrub, bila digunakan tiap hari malah jadi beruntusan (jerawat kecil-kecil). Tetapi oleh dokter, aku diajari cara penggunaan yang benar, yaitu setelah dituang secukupnya di telapak tangan, digosok-gosok dahulu pada tangan yang lain, baru kemudian diusapkan perlahan pada wajah. Setelah mencobanya secara langsung, aku bisa merasakan bahwa scrub dalam sabun ini tidak kasar dan saat diusapkan seperti meleleh di wajah jadi scrubnya tidak melukai wajah. And the good news~ tidak ada jerawat kecil yang muncul walaupun aku menggunakan sabun cuci muka ini 2x sehari selama 2 minggu belakangan ini. yay~ PS: Muncul jerawat batu 1 di sekitar pipi, tapi memang udah ada dari sebelumnya juga sih, jadi aku agak bingung juga mengenai penyebabnya.

Tekstur sabunnya creamy saat pertama kali, setelah itu soft dan lembut saat menyentuh wajah. Scrubnya pun halus dan tidak kasar. Setelah mencuci wajah, kesan yang timbul kulit wajah terasa bersih, halus dan agak terasa kencang.


- Acne Moisturizing Gel (AMG 2): Teksturnya seperti gel bening dengan bau seperti obat juga tetapi tidak tajam. Moisturizer ini meresap dengan cepat dan benar-benar tidak lengket di wajah. Aku suka sekali dengan moisturizer ini karena membuat wajahku tidak mengkilap.

-Acne Foundation (AF): Warnanya kuning muda, teksturnya cair (tidak cair sekali seperti air ya, kesannya seperti lotion tapi agak berair dikit). Jangan salah sangka dengan namanya yang ada kata-kata "Foundation", krim ini bukan make up melainkan murni krim pagi untuk wajah berjerawat. Untuk pagi hari biasanya setelah menggunakan AMG 2 aku melanjutkan dengan penggunaan AF ini. Jika AMG langsung memberikan kesan kesat di wajah, untuk AF ini sedikit terasa lengket di wajah tetapi tidak lama.


Night Routine:
- Langkah pertama sama seperti di Morning Routine yaitu menggunakan sabun cuci wajah BP


- Acne Face Treatment for Sensitive Skin (AFT SS): Tekturnya ringan seperti lotion, warnanya putih. Digunakan sebagai krim malam, dan efeknya adalah untuk mengeringkan jerawat. Pertama kali pakai aku agak kebanyakan padahal sudah diperingatkan dokter untuk menggunakan tipis aja ( Jujur, aku sudah pakai tipis menurutku hehehe) jadi kulitku agak mengelupas sedikit, setelah lewat 1 minggu (dan sampai sekarang) aku benar-benar menggunakannya dengan sangat tipiiiss. Hasilnya memang kulit wajahku jadi tidak mengelupas lagi, tetapi ada efek kering setelah memakai krim ini.


- Acne Spot Treatment (AST): Warnanya kuning muda dan teksturnya krim yang cukup kental. Digunakan hanya dibagian yang berjerawat dan berfungsi untuk mengeringkan jerawat. Obat ini cukup ampuh untuk menyembuhkan jerawat yang sudah keluar matanya. Sedangkan untuk jerawat batu / yang terpendam dan kalau dipegang sakit, obat ini kurang ampuh. Karena cara kerjanya adalah mengeringkan jerawat, jadi kalau sudah timbul dikasih obat ini biasanya 1-2 hari sudah langsung kempes dan berangsur-angsur hilang.

My before-after picture~

FYI, sebelum memulai treatment aku ada jerawat di pipi bagian kanan, dan warna kulitku tidak merata di daerah sekitar mata. Beberapa hari setelah perawatan Laser Photorejuvenation, masih belum tampak hasil yang signifikan kecuali wajah menjadi cerah saja. Untuk bekas jerawat pun masih tampak jelas. Setelah hampir 2 minggu, bisa dilihat kondisi kulitku semakin membaik, bekas jerawat memudar dan juga bagian yang warnanya kelihatan belang sekali sebelumnya tampak lebih rata (lihat bagian yang aku tandai). Untuk bekas jerawat yang sangat dalam, masih tampak terlihat walaupun sudah 2 minggu, tetapi IMHO hasilnya ini cukup memuaskan untukku.



Untuk wajah bagian kiri, sebelum memulai perawatan, aku ada 1 jerawat batu di bagian bawah dekat mulut, tetapi masih kecil dan tidak terasa keras serta warna kulit yang tidak merata di daerah sekitar mata. Setelah 2 minggu warna kulit sudah tampak lebih rata. Sedangkan untuk jerawat batu masih mengganggu, jadi ditengah-tengah perawatan krim jerawat batu itu semakin keras tetapi tidak keluar mata, sehingga aku agak susah untuk mengobati. Dan karena tempatnya dekat dengan bekas jerawatku yang lama, jadi bekas merahnya tampak lebih besar dan merah hikz.. sekarang aku lagi fokus mau menyembuhkan jerawat batu tersebut. PS: Update 23 April, jerawat batunya sudah mengecil, semoga seminggu lagi bisa hilang tuntas.

Overall, aku cukup puas dengan hasil treatment di Erha, kulitku menunjukkan hasil yang cukup signifikan dan tidak tampak adanya tanda-tanda alergi. Sekarang aku masih lanjut untuk penggunaan krim yang diberikan semoga setelah beberapa waktu lagi wajahku bisa bersih bebas dari jerawat dan bekas-bekasnya hehehe ^^


Selain krim-krim wajib diatas aku juga diresepkan oleh dokter, krim anti iritasi, Soothing cream (SC), biasanya setelah perawatan laser ada orang yang wajahnya iritasi (merah-merah / panas, etc) maka harus menggunakan krim ini, tetapi karena aku ga menunjukan gejala iritas a.k.a normal-normal aja jadi krim ini tidak terpakai di aku hehehe.

Karena kemarin ada yang nanya harga, aku list di sini ya untuk harga-harganya:
1. Acne Cleansing Scrub with Benzoil Peroxide (BP):  Rp 77.000,-
2. Acne Moisturizing Gel (AMG 2): Rp 54.500
3. Acne Foundation (AF 1): Rp 54.500,-
4. Acne Face Treatment Sensitive Skin (AFT SS): Rp 64.500,-
5. Acne Spot Treatment (AST) : Rp 54.500,-
6. Soothing Cream (SC): Rp 79.500,-

Baca post mengenai perawatan Laser Photorejuvenation di Erha : KLIK DISINI

Thanks for reading :)

39 comments:

  1. wah mantap ya ce sha bisa buat bantu ratain warna kulit~

    ReplyDelete
  2. Wahh hasilnya langsung keliatan ya ce ^^
    Syukurlah kalo cocok hehe

    ReplyDelete
  3. wah sneng ya ce klo bisa nemu yg cocok ..
    jerawat dan bekasnya emang bikin stress :(

    ReplyDelete
  4. Anw untuk gosok2 sabun scrubnya smpe halus kah? Soalnya aku uda coba tp trp krasa dan perih huhu, thnkyou:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku biasanya gosok2 sampai halus sih. Mungkin waktu diusap ke wajah jangan terlalu digosok sis biar ga perih..

      Delete
    2. Rumah aku dari klinik erhanya jauh banget jadi gak sempet ke erhanyaa..trus aku cari2 diig tentang erha.. deh pas banget ada yang jualan online..aku pengen bgett cream erhanya.. tapi asli atau gak yaaaa yg di online???

      Delete
  5. Photorejuv laser nya brapa ce? Di erha juga?

    ReplyDelete
  6. sis klik di link yang paling bawah ya untuk info tentang laser photorejuvenation.. itu direct link ke post yang sebelumnya..^^

    ReplyDelete
  7. Hai kak.. Ini aku baru aja dari erha bandung.. Tapi belum berani pake krimnya sih katanya nnt kemerahan sama mengelupas gt yaa? Biasanya brapa lama? Terus kalau lg pengelupasan gitu pake make up boleh ga yaa? Soalnya tuntutan kerja T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, kebetulan di aku ga merah..cuma kulitnya jadi agak kering + sedikit mengelupas (ga sampai yang kayak ganti kulit gitu yaa.. cuma di beberapa bagian kayak hidung dan sekitar bibir). Waktu aku konsul ke dokternya diberitahu untuk mengurangi dosis pemakaian. akhirnya setelah 2 mingguan aku uda ga ngelupas sama sekali sampai sekarang. Aku pakai make up sih tapi ga setiap hari.. dan cuma pakai yang ringan2 aja.

      Delete
    2. Makasih bgt ya ka udah balas.. Iya ini juga aku ga pakai make up stiap hari ko, karna emg aku kerja gatiap hari ka. Ini udah malam ketiga aku pake krimnya, tapi ko skitar hidung trutama ujung hidung jd agak kering dan sdkt mengelupas gt ya? Walau ga parah amat tp buat khawatir hehe. Trus maksudnya mengurangi dosis itu gimana ka? Aku juga mau coba kurangi kalau gt, maaf ya ka banyak nanya masih newbie soal prawatan._.

      Delete
    3. wah sama.. aku juga kering di bagian hidung.. mengurangi dosis maksudnya pakai krimnya lebih sedikit lagi sis.. aku dulu dibilangin sama dokternya disuruh tipiiis banget jangan banyak2 pakainya.. kalau ngelupas katanya sih memang prosesnya gitu setelah itu kulitnya akan balik mulus.. aku jalanin kayak gitu sih lama2 udah ga ngelupas. Kalau memang terasa keringnya banget biasanya aku kurangi di frekuensi pemakaian juga. sehari pakai sehari berentiin gitu kalau aku.. lebih bagusnya coba kamu nanya2 ke dokternya sis yang lebih pengalaman hehehehe..

      Delete
  8. Halo mau nanya. Kalau perawatan untuk kulit berjerawat di erha apa harus melakukan treatment laser or facial? Kalo lewat krimnya aja gabisa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi rifa, setauku bisa sih cuma lebih jelasnya kamu langsung konsultasi ke dokternya aja..^^

      Delete
    2. hay mbk shasha nanyak dong, kalo di erha kudu facial dlu gk sih pas pertama kali ksna?
      tengkyu :))

      Delete
  9. Haloo ikut nanya donk , aku baru seminggu nih perawatan erha tp kok wajah ku kering dan kaya berkeriput gitu apa ini efek ato masalah y ...

    Umur ku 23 tahun jadi malu nih sama muka sendiri .... Apa aku jga dosis nya kebanyakan ngasih cream pada mukanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, memang setauku seminggu pertama kulit akan terasa kering dan sedikit mengelupas.. saranku coba dosis pemakaiannya dikurangi dulu sampai benar2 minimal.. aku pernah pakai krimnya cuman seukuran 1 butir kecil untuk sewajah hehehehe.. kalau memang masih terus bermasalah mungkin lebih baik konsul lagi ke dokternya :)

      Delete
  10. Aku uda seminggu pake erha.. 3hari pertama dagu aku jd jerawatan bruntusan. Trs skrg uda kering jd merag gosong gt.. kering banget ketarik2 gt. Apa memang prosesnya sperti itu ya? Atau memang obatnya yg terlalu keras jd ga cocok dgn aku?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, coba kamu konsultasi lebih lanjut ke dokternya, siapa tahu memang kulit kamu yang tipe sensitif sehingga obatnya terlalu keras ^^

      Delete
    2. Aku sih baru balik lg utk peeling sis. Dokternya suruh aku peeling seminggu sekali.. kalo kata suster nya gosong di dagu dan daerah mulut sih karna mulut bnyk bergerak jd pengelupasan cepat terjadi. Tp kata dokter yg peeling itu lecet.. tp memang dr awal aku jerawatan hanya di dagu sih dan dokternya blg ttp lanjutkan pemakaiannya.. so far udah hampir 3minggu sih masih banyak gosong nya sih blm terjadi regenerasi kulit..

      Delete
  11. Hi @shasha. Makasi banget ya infonya. Jd mantep banget mau ke erha. Oh ya,temenku ke erha katanya,resep dokternya itu untuk 2 tebusan ya. Selebihnya harus control lg. Bener ga sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul, 1 resep bisa ditebus 2x setelah itu harus konsul lagi ke dokter dan dituliskan resep baru ^^

      Delete
  12. oh gitu, oh ya, kamu di erha daerah mana ya? erha skin or erha clinic?
    aku udah dari erha nih, tp belum aku sentuh. emm, cukup banyak budget yg harus aku siapin ya. this my invoice:
    1. biaya administrasi : 15.000
    2. konsultasi : 140.000
    3. acne care lab ACSBP 60 gr: 84.000
    4. acne foundation 4 (AF4) : 88.000
    5. acne moisturizer gel 1 (AMG1) : 88.000
    6. sepatula : 3.500
    7. acne gel (AG2): 60.000
    beda banget ya sama harga terakhir kamu. aku di erha skin sidoarjo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku di Erha Clinic Sby yang di kombes M.duryat (setauku pusatnya). Itu harga tahun lalu sih say..aku kurang tahu kalau sekarang uda berubah..mungkin juga harganya beda-beda tiap kota :)

      Delete
    2. Erha skin sidoarjo dimana letaknya kak?

      Delete
    3. Erha skin sidoarjo letaknya dimana kak?

      Delete
  13. Kak gimana keadaan wajah km sekarang pakai erha. Lagi nyari review produk perawatan ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo..sekarang aku udah campur pakai beberapa merk sih ga cuma erha aja.. aku biasanya jerawatan kalau mendekati masa datang bulan, jadi ya masih ada jerawat dikit2 ga mulus2 banget kalau untuk kondisi kulitku :)

      Delete
  14. Kak shasha mau nanya , misal konsul ke erha terus ga usah perawatan cuma nebus obatnya aja bolehh ga yaa kira" ? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. setauku boleh.. aku pernah konsul yang di erha apothecary cuma untuk minta resep obatnya aja.. :)

      Delete

  15. very nice blogs!!! i have to learning for lot of information for this sites...Sharing for wonderful information.

    Kids Soothing Cream

    ReplyDelete
  16. hai mbk shasha, kalo yang di jl. duryat cm konsul sm beli cream tanpa perawatan blh gk yaaa kira" ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, aku kurang tahu say, coba langsung telp ke kliniknya aja bisa atau nggaknya ^^

      Delete
  17. Aku juga sama seminggu pertama kulit muka aku jadi kering, kencang, agak berkeriput gitu. Aku jadi takut nih. Itu wajar ga yh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm kemarin aku juga sempat kayak gitu sih trus disuruh kurangin dosis pemakaian krimnya, habis gitu lama-lama balik lagi kondisi kulitnya normal. Kalau km kurang yakin coba konsul ke dokternya aja~ wajar ga wajarnya kan lebih tenang kalau dokter yang kasih masukan hehehe

      Delete
  18. haiii mbak shasha . . mbak masih sering perawatn ke erha gak? mbak pernah nyoba treatment CRT ?

    ReplyDelete
  19. Aku udah 3 mingguan lebih pake cream erha awal nya muka aku kering, keriput kyk ketarik gt. 1 mingguan pake jerawat ku kempes, agak bersih muka aku dr sebelumnya, tp stelah 3 minggu make ini kok aneh nya jerawt ku makin bnyk yah sist? Datang nya bruntusan gitu hiks....saran nya dong sist maksih😊

    ReplyDelete
  20. Kak di erha sby kakak ditangani dokter siapa kak?

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...